by

Khofifah Ucapkan Selamat Kepada Siswa dari Jatim yang Raih Medali APIO 2021

IMEDIACYBER | Alhamdulillah. Empat dari enam medali yang diraih Indonesia dalam ajang Olimpiade Informatika Asia Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2021 berasal dari Jawa Timur, yaitu 3 siswa dari Surabaya dan 1 siswa dari Tuban.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram, Sabtu (29/5/2021).

Kemudian Khofifah mengucapkan selamat kepada Nicholas Patrick dari SMA Cita Hari Christian School Surabaya (Medali Perak), Juan Carlo Vieri dari SMAK Intan Permata Hati Surabaya (Medali Perak), Bryan Riconga Panjinata dari SMAN 1 Tuban (Medali Perunggu) dan Maximilliano Utomo Quok dari SMA Xin Zhong Surabaya (Medali Perunggu).

“Semoga prestasi ini dapat menjadi pemacu sekaligus penyemangat siswa-siswi asal Jatim lainnya untuk bisa berprestasi di kancah nasional maupun internasional. Jatim Bisa!!!,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, APIO 2021 diikuti oleh 952 siswa dari negara Asia Pasifik di antaranya Armenia, Australia, Azerbaijan, Bangladesh, China, Georgia, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Japan, Jordan, Kazakhstan, Korea, Kyrgyzstan, Macao, Malaysia, Mongolia, Mesir, Selandia Baru, Palestina, Filipina, Rusia, Saudi Arabia, Singapura, Sri Lanka, Syria, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Turki, Turkmenistan, Uzbekistan, dan Vietnam.

Indonesia sendiri menempatkan 17 siswanya untuk berlaga pada ajang APIO 2021 dan paling banyak berasal dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 6 siswa dan DKI Jakarta sebanyak 5 siswa. Bagi Indonesia,

APIO selain menjadi ajang kompetisi, juga dijadikan sebagai latihan tim Indonesia menuju International Olympiad in Informatics (IOI) tahun 2021 serta persiapan menjadi tuan rumah IOI tahun 2022 yang rencananya akan diikuti oleh 88 negara.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed