by

Gubernur Khofifah Sebut Nasi Karak Situbondo Maknyus

-Wisata-7 views

IMEDIACYBER | Sudah pernah coba Nasi Karak? Nasi Khas Situbondo ini punya rasa yang maknyus, meski tampilannya sangat sederhana.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram, Minggu (30/5/2021).

Kata Khofifah, letak istimewanya karena nasinya ditaburi garam dan parutan kelapa lengkap dengan tempe tahu juga ikan bumbu masak merah sebagai lauk.

Saya jamin, sambung Khofifah, sekali mencoba gakkan pernah lupa rasanya.

“Bagaimana? Makin penasaran mencoba? Jawa Timur memang tempatnya makanan legend nusantara,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, makanan khas Nasi Karak atau makanan yang satu ini pada umumnya disebut nasi aking (nasi sisa yang diolah kembali).

Namun jangan salah, karena nasi karak ini bukan seperti nasi yang anda bayangkan bahwa nasi sisa yang sudah kering lalu diolah kembali. Tetapi nasi karak khas di Kota Santri ini tetap menggunakan nasi dari beras pada umumnya.

Bedanya, dalam proses memasak beras saat setengah matang dicampur atau ditaburi mengggunakan garam halus sehingga saat matang kondisi panas maupun dingin nasi tidak menggumpal.

Nasi karak menjadi menu makan malam bagi masyarakat di Kabupaten Situbondo. Oleh karenanya pemilik warung atau penjual nasi karak hanya membuka warung dan menjual mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB atau hingga dini hari.

Nasi karak ini dapat menggugah selera makan malam, bagaimana tidak, karena nasi putih yang saat proses memasaknya dicampur menggunakan garam itu, sebelum disajikan diatas nasi ditaburi parutan kelapa, dan lauknya ikan tongkol masak bumbu merah serta tempe dan tahu yang dipotong kecil-kecil.

Untuk mencicipi makanan khas Situbondo yang satu ini, anda tidak perlu bingung mencarinya, di sekitar perkotaan penjual nasi karak mudah didapat, karena penjual nasi karak kian terus bertambah.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed