by

Hari Lahir Pancasila, Khofifah Minta Masyarakat Jatim Kibarkan Bendera Merah Putih

IMEDIACYBER | Kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, 1 Juni 2021 marilah kita kibarkan bendera merah putih satu tiang penuh sebagai bentuk penghargaan terhadap para pejuang serta pendiri bangsa yang telah merumuskan Pancasila.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram, Senin (31/5/2021).

Pandemi ini, kata Khofifah, semoga tidak mengurangi semangat kita dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, serta pengejawantahan nilai-nilainya pada kehidupan sehari-hari, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Seperti diketahui, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Hari Pancasila 2021 jatuh pada Selasa (1/6/2021) dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi COVID-19.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan Upacara Bendera secara virtual kombinasi.

Seluruh warga negara Indonesia bisa mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia juga diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2021.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed