by

Hari Lahir Pancasila, Sandiaga: Jaga Selalu Semangat Bhineka Tunggal Ika

IMEDIACYBER | Pancasila lahir sebagai simbol dari Negara Indonesia, perwujudan dari keberagaman yang ada. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melalui akun media sosial Instagram miliknya, Selasa (1/6/2021).

Menurut Sandiaga, semangat Pancasila adalah semangat persatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Semoga nilai-nilai luhur Pancasila senantiasa menjadi pedoman kita dalam hidup berbangsa dan bernegara,” ujar Sandiaga.

Sandiaga pun berpesan untuk menjaga selalu semangat Bhinneka Tunggal Ika.

“Bersama-sama kita bisa melewati pandemi ini,” demikian tutup Sandiaga.

Seperti diketahui, Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

Hari Pancasila 2021 jatuh pada Selasa (1/6/2021) dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran untuk segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia agar berkomitmen memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Komitmen bersama segenap bangsa, negara dan masyarakat Indonesia dalam memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi kedaruratan pandemi COVID-19.

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan Upacara Bendera secara virtual kombinasi.

Seluruh warga negara Indonesia bisa mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia juga diminta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2021.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed