by

Sego Tempong Khas Banyuwangi Kata Khofifah Pedasnya Luar Biasa Nempong

-Wisata-5 views

IMEDIACYBER | Jangan pernah ngaku pecinta pedas kalau tidak pernah mencicipi dahsyatnya Sego Tempong khas Banyuwangi. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram miliknya, Sabtu (5/6/2021).

Kata Khofifah, keistimewaan Sego Tempong justru bukan pada lauknya, melainkan ada pada sambalnya yang pedasnya luar biasa nempong (nampar — dalam bahasa osing). Hasil kolaborasi serasi antara cabe rawit, tomat ranti, dan terasi khas Banyuwangi.

Berteman nasi hangat, ikan goreng, udang, tahu, tempe dan berbagai rebusan sayur dijamin Hyun Bin, Park Seo Joon, atau Lee Min Ho sekalipun pasti ngiler.

“Pokoknya, Kalau ke Banyuwangi, jangan sampai terlewat kuliner legend ini,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, Banyuwangi bukan hanya terkenal dengan kekayaan alamnya yang indah. Kuliner khas seperti sego tempong juga tak boleh terlewatkan.

Sego tempong atau nasi tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang sudah melegenda. Sajian nasi rames dengan aneka lauk dan sayuran ini semakin menggoda karena diberi tambahan sambal yang pedas nendang.

Racikan cabai merah, rawit dan tomat segar membuat sambal punya rasa yang begitu nendang. Apalagi ditambah kucuran jeruk limau yang memberi sensasi asam segar.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed