by

Menag Sebut Dana Haji Aman, UHF Minta Dilakukan Audit Oleh Independen

-Ragam-13 views

IMEDIACYBER | Walau katanya dana haji aman, tapi boleh donk publik minta dilakukan #AuditDanaHaji oleh pihak independen? Demikian disampaikan Ustadz Hilmi Firdausi (UHF) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Minggu (6/6/2021).

Lebih lanjut UHF mengatakan, masa dana kemanusiaan aja minta diaudit, dana haji yang jumlahnya fantastis tidak?

“Ini juga sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar UHF.

“Audit terakhir tahun 2019 oleh BPK, karena sudah 2 tahun tidak ada pemberangkatan jamaah, kira-kira teman-teman setuju ga jika tahun ini #AuditDanaHaji dilakukan lagi oleh pihak independen?,” demikian tutup UHF.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan jemaah Indonesia yang batal berangkat haji di tahun 1442 Hijriah/2021 bisa mengambil kembali biaya perjalanan haji-nya (BIPIH) yang sudah disetorkan ke pemerintah. Adapun pemerintah telah resmi membatalkan keberangkatan haji untuk jemaah Indonesia di 1442 Hijriah/2021 Masehi.

“Jadi uang jemaah aman, dana haji aman. Jadi bisa diambil kembali atau bisa tetap berada di BPKH untuk kita perhitungkan nanti jika ada pemberangkatan ibadah haji,” jelas Yaqut melalui konferensi persnya, Kamis (3/6/2021).

Yaqut menyebutkan, jemaah haji yang batal berangkat pada tahun 2021 akan menjadi jemaah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Namun, pemerintah tidak keberatan jika para jemaah ingin mengambil kembali BIPIH yang sudah distorkan ke pemerintah.

“Jadi sekali lagi dana haji aman,” demikian Menag.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed