by

Ustadz Wijayanto: Berhati-hatilah Terhadap Harta

-Kajian-16 views

IMEDIACYBER | Rasulullah SAW merasa takut kalau umat akhir zaman bergelimangan harta, tapi lupa pada kebaikan dan Tuhannya. Demikian disampaikan Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Minggu (6/6/2021).

Kata Uwi, banyak orang ketika miskin taat beribadah, namun melupakan ibadahnya di saat kaya raya.

Dulu ketika hanya mempunyai sepeda, ia rajin ke masjid. Begitu mempunyai mobil, ia malah jarang ke masjid.

Dulu pakaiannya begitu rapat, kerudungnya berlapis-lapis. Sekarang bajunya kurang bahan.

“Duh, kasihan sekali…,” ujar Uwi.

Uwi pun menyebutkan, maka berhati-hatilah terhadap harta. Karena harta di dunia hanya sementara dan tidak dibawa sampai mati.

Menurut Uwi, perintah untuk berhati-hati terhadap harta telah dijelaskan dalam QS At-Taubah ayat 75-77, yang mengisahkan tentang Tsa’labah.

Dahulu, sambung Uwi, pada zaman Rasulullah SAW, dikisahkan Tsa’labah yaitu orang yang tidak punya, miskin. Sampai-sampai setiap selesai sholat, ia terburu-buru pulang untuk bergantian pakaian dengan istrinya.

Tsa’labah pun meminta Rasulullah SAW mendo’akannya supaya Allah SWT memberikan rezeki yang berlimpah kepadanya. Tsa’labah pun menjadi kaya raya dan punya banyak ternak. Akan tetapi, semakin kaya, ia semakin menjauh dari masjid, karena sibuk dengan ternaknya dan tidak sempat sholat berjama’ah.

Bahkan, lanjut dia, saat Rasulullah mengutus orang untuk mengambil hartanya sebagai baitul maal berupa 1 ekor kambing dari setiap 40 kambingnya, Tsa’labah menolak. Rasul pun berkata, “Celakalah Tsa’labah.”

“Maka, berhati-hatilah terhadap harta, karena sesungguhnya apa yang ada di dunia ini hanya sementara,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed