by

Ustadz Wijayanto: Ilmu Merupakan Kunci dari Segala Kebaikan

-Kajian-22 views

IMEDIACYBER | Memiliki bekal ilmu yang cukup akan membuat seseorang lebih bijak dalam bersikap maupun bertindak. Demikian disampaikan Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Selasa (7/6/2021).

Dengan bekal ilmu yang cukup, kata Uwi, seseorang juga akan lebih hati-hati dalam hidup bermasyarakat. Untuk memiliki ilmu yang cukup, sambung dia, seseorang wajib menuntut ilmu dengan baik dan tekun..

Mengenai menuntut ilmu, menurut Uwi ini adalah kewajiban dari setiap muslim baik itu perempuan maupun pria. Menuntut ilmu adalah suatu keharusan. Rasulullah SAW bersabda, “Tholabul ‘ilmi faridzhotun ‘ala kulli muslimin wa muslimat.” Yang artinya, “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim baik pria maupun perempuan.”

“Ilmu merupakan kunci dari segala kebaikan,” ujar Uwi.

Uwi menyebutkan, ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang diperintahkan Allah dan sarana untuk menjauhi segala larangan-Nya. Dengan ilmu, tambah dia, seseorang juga akan lebih bijak dalam berucap, bersikap maupun bertindak.

Imam Ahmad mengatakan, “Manusia lebih memerlukan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman hanya dibutuhkan dua atau tiga kali dalam sehari sedang ilmu dibutuhkan di setiap waktu setiap harinya.”

“walahu’alam,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed