by

Khofifah Harap Desa Wisata di Jatim yang Masuk Nominator Bisa Menang

-Wisata-6 views

IMEDIACYBER | Ada 3 Desa asal Jawa Timur yang masuk menjadi nominator di ajang Desa Wisata Award 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Masing-masing Desa Wisata Genilangit, Magetan; Desa Wisata Semen, Blitar; dan Desa Wisata Adat Osing Kemiren, Banyuwangi.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram miliknya, Sabtu (12/6/2021).

Khofifah berharap mudah-mudahan ketiga desa tersebut bisa memenangkan kompetisi dimasing-masing kategori.

“Dan, buat desa lain di Jatim semakin terpacu untuk menggali potensi wisata apa yang dimiliki dan dijual kepada publik sehingga mampu membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, BCA bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan kompetisi Desa Wisata Award 2021.

Kompetisi yang diselenggarakan mulai April ini terbagi ke dalam empat kategori, mulai dari Desa Wisata Berbasis Alam, Desa Wisata Berbasis Budaya, Desa Wisata Berbasis Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Digital.

Salah satunya memiliki desa wisata yang bergulir minimal satu tahun dan memiliki paket wisata, baik berupa daya tarik alam, atraksi budaya, hingga berbasis digital.

Selanjutnya, desa wisata harus diinisiasi dan dikembangkan oleh organisasi dan sumber daya lokal, seperti karang taruna, badan usaha milik desa, dan kelompok sadar wisata.

Nantinya, ada dua kriteria penilaian pemenang desa wisata, yakni mampu menciptakan kegiatan usaha baru dan usaha yang dibuat dilakukan secara terus menerus, serta mengembangkan produk dan layanan.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed