by

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak

IMEDIACYBER | Saya datang ke Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak sore tadi meninjau pembangunan jalan tol Semarang-Demak. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (jokowi) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Jumat (11/6/2021).

Kata Jokowi, jalan tol yang direncanakan sepanjang 26,7 kilometer ini adalah bagian dari jaringan tol Jawa koridor Pantai Utara Jawa.

Menurut Jokowi, Jalan Tol Semarang-Demak ini juga punya keistimewaan karena fungsinya selain sebagai jalan bebas hambatan, juga sebagai pengendalian banjir rob.

“Jalan tol yang melewati kawasan pesisir Semarang nantinya terpadu dengan tanggul laut yang akan mencegah masuknya air laut ke kawasan pemukiman penduduk,” demikian tutup Jokowi.

Untuk diketahui, Tol Semarang-Demak dibangun di atas tanggul laut Semarang sehingga memiliki fungsi ganda.

Jadi, jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan Tol Non-Trans Jawa ini tidak hanya menjadi penunjang konektivitas, tetapi juga menanggulangi banjir rob yang kerap terjadi.

Secara teknis Tol Semarang-Demak direncanakan memiliki dua simpang susun.

Jalan tol ini juga terbagi menjadi dua seksi, Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 kilometer merupakan dukungan pemerintah.

Sementara Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed