by

Ustadz Wijayanto: Menghormati Ayah Juga Harus Tetap Dilakukan

-Kajian-16 views

IMEDIACYBER | Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, beliau berkata, “Seseorang datang kepada Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi SAW menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi SAW menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Demikian disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Rabu (16/6/2021).

Kata Uwi, ada pesan tersirat dari Nabi yang menyebutkan kata ibu sebanyak tiga kali, sementara bapak disebutkan hanya satu kali.

Menurut Uwi tentulah karena kesulitan dalam menghadapi masa hamil, kesulitan ketika melahirkan, dan kesulitan pada saat menyusui dan merawat anak, hanya dialami oleh seorang ibu.

Uwi menyebut, ketiga bentuk kehormatan itu hanya dimiliki oleh seorang ibu, seorang ayah tidak memilikinya.

“Meskipun demikian, menghormati Ayah juga harus tetap dilakukan, yang mencari nafkah, mendidik, dan melindungi keluarga,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed