by

Gubernur Anies Inspeksi Kesiapan Rusun Nagrak untuk Pasien Covid-19

IMEDIACYBER | Siang tadi bersama Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji inspeksi kesiapan Rusun Nagrak, yang dijadikan lokasi alternatif tempat isolasi terkendali pasien tanpa gejala COVID-19, untuk mengurangi beban yang ditampung oleh Wisma Atlet.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram miliknya, Rabu (23/6/2021).

Kata Anies, Rusun Nagrak berkapasitas 2.500 kamar yang disediakan untuk ruang isolasi, di mana satu kamar dapat diisi empat pasien.

“Ini ikhtiar kita untuk memastikan bahwa warga Jakarta yang terpapar bisa isolasi dengan baik agar tidak menularkan ke yang lainnya,” ujar Anies.

Menurut Anies, pengelolaan tempat isolasi Rusun Nagrak ada di bawah kendali di bawah Pangdam Jaya yang sekaligus juga Pangkogaskabpad (Panglima Komando Tugas Gabungan Tempat Terpadu), serupa dengan pengelolaan Wisma Atlet.

Anies menyebut, fasilitas ini dikelola Pemprov Jakarta tetapi secara aktivitasnya di bawah satu garis Komando dengan Wisma Atlet.

“Rusun Nagrak berfungsi sebagai satelitnya Wisma Atlet,” jelas Anies.

Jika tadinya Wisma Atlet masih menampung orang bergejala ringan atau tanpa gejala, tambah dia, sekarang semua yang tanpa gejala diarahkan ke sini.

Anies menerangkan, bila teman-teman memiliki gejala COVID-19, silakan ikuti Corona Likelihood Metric (CLM) di JAKI dulu. Bila dinilai berisiko tinggi akan diarahkan ke fasilitas kesehatan untuk diberikan rujukan apakah perlu isolasi atau tidak.

“Teman-teman yang masih sehat silakan segera mendaftar untuk vaksinasi di JAKI atau https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi. Agar tidak banyak lagi yang harus mengalami isolasi mandiri dan perawatan akibat terpapar COVID-19,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed