by

Dapat Opini WTP dari BPK, Jokowi: Alhamdulillah

IMEDIACYBER | Pemerintah akan sangat memperhatikan rekomendasi-rekomendasi BPK dalam mengelola pembiayaan APBN. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram miliknya, Jumat (25/6/2021).

Kata Jokowi, defisit anggaran dibiayai dengan memanfaatkan sumber-sumber pembiayaan yang aman, dilaksanakan secara responsif mendukung kebijakan counter cyclical, dan akselerasi pemulihan sosial ekonomi dikelola secara hati-hati, kredibel, dan terukur.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada BPK yang di tengah berbagai keterbatasan aktivitas dan mobilitas di masa pandemi, telah melaksanakan pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat tahun 2020 dengan tepat waktu.

“Alhamdulillah opininya adalah wajar tanpa pengecualian (WTP),” demikian tutup Jokowi.

Sebagai informasi, hari ini Presiden menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) 2020, Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2020, dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Semester II Tahun 2020 dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna.

Dalam LHP LKPP 2020 itu, 2 kementerian dan lembaga mendapat Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Kemudian, 84 Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Sehingga pemerintah pusat secara keseluruhan mendapat predikat WTP.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed