by

Ustadz Wijayanto: Kerja Merupakan Ibadah

-Kajian-3 views

IMEDIACYBER | Bagi seorang pria, nafkah keluarga adalah tanggungjawabnya. Patikan tidak sekedar halal, tapi juga penuh berkah.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (2/7/2021).

“Islam adalah agama yang mengajarkan kepada umatnya untuk bekerja keras mencari nafkah,” ujar Uwi.

Kata Uwi, Islam sangat mencela umat yang malas, yaitu mereka yang hanya menggantungkan hidupnya dari belas kasihan orang lain dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara meminta-minta.

“Lebih jauh, dalam Islam, kerja merupakan ibadah,” jelas Uwi.

Menurut Uwi, membanting tulang mencari nafkah yang halal untuk kebutuhan keluarga merupakan ibadah yang bernilai sangat tinggi bahkan termasuk jihad.

“Allah sangat menghargai kerja keras dan karya nyata seseorang,” terang Uwi.

Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada yang lebih baik dari usaha seorang laki-laki kecuali dari hasil tangannya (bekerja) sendiri. Dan apa saja yang dinafkahkan oleh seorang laki-laki kepada diri, istri, anak dan pembantunya adalah sedekah” (HR Ibnu Majah).

Maka dari itu, kata Uwi, tidak dibenarkan seorang Muslim bermalas-malasan, hanya berharap belas kasih dari orang lain pada hal sebenarnya masih mampu bekerja dengan kekuatan fisiknya. Tidak dibenarkan menyia-nyiakan waktu luang hanya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

”Dan jika telah selesai satu pekerjaan maka segeralah mengerjakan pekerjaan lain”. Begitu isyarat Al-Qur’an (Qs Al-Insyirah : 7).

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed