by

Menteri Sandiaga Dukung Rencana Pembuatan Buku Wisata Halal Indonesia

-Wisata-2 views

IMEDIACYBER | Sampai saat ini masih ada pemahaman yang tidak utuh terkait wisata halal di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (5/7/2021).

Sandiaga menyebut, wisata halal dalam terminologi pariwisata global disebut sebagai “Moslem Friendly Tourism” atau wisata ramah muslim. Bukan mensyariahkan tempat wisata, melainkan peningkatan dan perluasan layanan.

Menurut data dari State of The Global Islamic Economy Report tahun 2019, kata Sandiaga, jumlah pengeluaran wisatawan Muslim di dunia mencapai 12 persen dari total pengeluaran wisatawan global. Dari USD 1,66 triliun belanja wisatawan global, USD 200,3 miliar merupakan pengeluaran untuk memenuhi keperluan atau kebutuhan wisatawan Muslim.

“Top 5 negara “Muslim Traveler” dengan pengeluaran terbesar ditempati oleh Saudi Arabia, UAE, Qatar, Kuwait dan Indonesia,” ungkap Sandiaga.

Besarnya potensi Indonesia untuk mengembangkan pariwisata halal, lanjut dia, bukan hanya untuk menarik minat wisatawan muslim dari negara-negara lain, tetapi juga menggiatkan wisatawan muslim di Indonesia agar berwisata di Indonesia aja, menggerakkan ekonomi di dalam negeri dan membuka lapangan kerja.

“Oleh karena itu dalam diskusi dengan teman-teman Forum Akademisi Indonesia (FAI), saya mendukung penuh rencana pembuatan buku mengenai wisata halal yang akan menambah khazanah tentang wisata halal itu sendiri di Indonesia,” demikian tutup Sandiaga.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed