by

Ustadz Wijayanto Sebut Bisnis Adalah Ibadah yang Paling Enak

-Kajian-5 views

IMEDIACYBER | Cari nafkah itu ibadah. Bisnis juga ibadah.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (5/7/2021).

“Dan bisnis adalah ibadah yang paling enak. Kenapa? Selesai ibadah dapat duit,” ujar Uwi.

Kata Uwi, sejatinya berdagang adalah membantu menyediakan kebutuhan orang lewat kita. Tidak ada yang salah dengan perdagangan.

Menurut Uwi, pelakunya saja yang sering melakukan kecurangan dalam perdagangan. Jika seorang pedagang berlaku benar maka dalam bisnis banyak mendapat ibadah.

“Nabi Muhammad SAW berdagang, paman Baginda berdagang, istri Baginda berdagang dan sahabat Baginda banyak yang berdagang,” jelas Uwi.

Uwi menyebut, bagi pembeli juga bernilai amal saleh jika diiringi dengan niat sedekah, membantu penjual, apalagi jika sanggup memberi uang lebih kepada pedagang kecil. Uwi menuturkan, dalam Islam ibadah terbagi menjadi dua, pertama mahdhah (yang wajib seperti shalat, zakat, puasa) dan ghairu mahdhah (amal saleh).

“Sebab manusia diciptakan memang untuk beribadah kepada Allah SWT, maka semua amal akan menjadi ibadah jika diniatkan untuk mendapat ridho Allah SWT, insya Allah,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed