by

Cari Pinjaman untuk Pendidikan? Uwi Sarankan Bank Syariah

IMEDIACYBER | Pembahasan tentang riba, pada Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Disebutkan dalam fatwa tersebut, bahwa bunga (interest) adalah riba.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (6/7/2021).

Lanjut Uwi, dikarenakan merupakan tambahan atas pokok modal yang dipinjamkan, didasarkan pada firman Allah, “…Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu…” [QS al-Baqarah (2): 179].

Kemudian, kata Uwi, tambahan itu bersifat mengikat dan diperjanjikan, sedangkan yang bersifat suka rela dan tidak diperjanjikan tidak termasuk riba.

LALU, APAKAH BOLEH MEMINJAM UANG DI BANK UNTUK BIAYA PENDIDIKAN ANAK? Menurut Uwi, pada dasarnya BOLEH namun saran saya cari pinjaman yang syariah dan di bank Syariah.

Karena di Indonesia sendiri, dia menyebut terdapat dua jenis bank, konvensional dan syari’ah. Keduanya tentu memiliki perbedaan, salah satunya ada pada akadnya.

Uwi menuturkan, memang tidak ada bank yang 100 persen syariah, meskipun demikian, kita tetap harus mengusahakan jika ada alternatif terbaik.

“Wallahu ‘alam,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed