by

Anies Sebut Iduladha 1442 H Bersama Keluarga

-Ragam-3 views

IMEDIACYBER | Bukanlah Iduladha seperti biasa. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (20/7/2021).

Kata Anies, gambar-gambar dari Tanah Suci: Makkah sepi, arafah terbatas, haji terasa jauh. Rombongan berpeci tak nampak, jamaah berbahasa Indonesia tak terlihat. Haji tahun ini masih lengang.

Lanjut Anies, tapi Iduladha adalah kisah keluarga. Hikmah peristiwa keluarga Ibrahim AS. Sebuah keluarga luar biasa yang sampai sekarang, 4300an tahun kemudian, kisahnya tetap jadi mata air hikmah bagi kita.

Anies menyebut, pandemi ini seakan mengarahkan kita semua untuk lebih menyadari unsur keluarga dalam Idul Adha. Tahun ini, tutur Anies, keluarga-keluarga laksanakan Sholat Iduladha di rumah.

“Begitu juga dengan kami sekeluarga, ayah jadi Imam Sholat Id, anak jadi khotib. Jika tidak ada pandemi, barangkali kita tidak memainkan peran-peran ini di rumah-rumah kita,” ujar Anies.

Tadi pagi, kata Anies, Mikail yang memberikan Khotbah. Membahas tentang kepemimpinan Nabi Ibrahim. Dia kumpulkan bahan-bahan. Ditulis menjadi naskah khotbah, jadi rangkaian pesan penuh hikmah. Begitu banyak keluarga yang melewati proses yang sama. Selalu ada hikmah yang muncul di balik semua ini.

“Itulah Iduladha 1442H. Iduladha bersama keluarga,” jelas Anies.

Sembari menuliskan pesan ini, ungkap Anies, kami mendoakan semua. Bagi yang saat ini sedang dirawat karena sakit, semoga segera diberi kesembuhan. Bagi yang baru-baru ini kehilangan anggota keluarga, semoga diberikan kekuatan dan ketabahan. Bagi yang sedang dalam himpitan ekonomi, semoga segera dibukakan kelonggaran. Bagi yang saat ini dalam kelonggaran ekonomi, dibukakan hatinya untuk mau lebih berbagi pada yang membutuhkan.

“Aamiin aamiin Allahuma Aamiin.…Selamat Iduladha!,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed