by

Ustadz Wijayanto Ungkap Tugas Utama Seorang Istri

-Kajian-8 views

IMEDIACYBER | Istri itu surga dunianya suami. Kalau nggak jadi surga, ya ngapain?

Demikian disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (22/7/2021).

“Cari istri itu yang bisa berketurunan, cantik, molek, putih, mulus…,” ujar Uwi.

Tapi, sambung Uwi, itu semua tidak bermakna di akhirat kalau tidak mensurgakan.

Kata Uwi, tugas utamanya seorang istri itu dikatakan dalam sebuah hadis, “Apabila seorang istri melaksanakan shalat lima waktu, puasa bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya, dan menaati suaminya, dikatakan ke padanya: Masuklah ke dalam surga dari pintu yang mana saja” (HR Ahmad). “Ini kelihatannya mudah,” tutur Uwi.

Tetapi pada kenyataannya tidak mudah untuk menaati suami, Uwi menyebut karena ada “la’natusysyaithân” (laknat setan). Yang namanya orang, untuk taat; taat kepada suami, taat kepada Allah SWT, taat kepada siapa pun, untuk kebaikan itu ada godaannya. “Hal inilah yang disebut nafsu,” jelas Uwi.

Menurut Uwi, ibu-ibu kalau mau mengamalkan yang baik, yang dibayangkan yang susahnya. Tetapi kalau amal jelek, yang dibayangkan senangnya.

Lanjut Uwi, pilih sholat jama’ah atau sendiri? Pasti milihnya sholat sendirian. Padahal kalau sholat jama’ah pahalanya lebih banyak.

Uwi menerangkan, “Ridhallâhi fi ridha ‘ibâdih” (ridha Allah SWT tergantung ridha hamba-Nya). Ridhanya Allah SWT sangat tergantung: satu, ridha Allah SWT tergantung pada ridhanya orangtua. Dua, ridhanya Allah SWT sangat tergantung pada ridhanya suami. Hingga kalau istri mati suaminya ridha, dalam ke matiannya itu suami tidak mempermasalahkan, istri ini termasuk yang diridhai Allah SWT, maka surga sudah menunggunya sebelum dia memasukinya.

“Mudah-mudahan kita termasuk di dalamnya. Aamiin yaa rabbal’aalamiin…,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed