by

Ustadz Wijayanto Sebut Menuntut Ilmu Bukan Sekedar Wajib, Tapi Fardhu!

-Kajian-2 views

IMEDIACYBER | Mengapa kita harus menuntut ilmu? Hal tersebut disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Minggu (25/7/2021).

Kemudian Uwi mengutip sebuah firman Allah dari kitab suci Al-Quran:
“Wahai orang-oarang yang beriman! apabila dikatakan kepadamu, ‘Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis,’ maka lapangkanlah, nisacaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘Berdirilah kamu,’ maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan,” (Surat Al-Mujadilah Ayat 11).

Kata Uwi, menuntut ilmu bukan sekedar wajib, tapi fardhu!

“Bagi laki-laki maupun perempuan yang merasa dirinya beriman, menuntut ilmu itu hukumnya fardhu atau lebih dari sekedar wajib,” ujar Uwi.

Menurut Uwi, menuntut ilmu tidak hanya dari kitab, tapi juga dari alam. Karena kenyataannya ‘ayat’ tidak sekedar yang tertulis, namun bisa dipelajari dari apa yang Allah berikan kepada bumi kita ini.

Uwi menyebut, orang yang mulia di mata Allah adalah mereka yang paham agama, namun tidak hanya sekedar aqidah yang lurus saja, tapi juga termasuk dengan akhlaq dan wawasan keilmuan.

“Untuk membangun anak sholeh perlu diimbangi dengan pendidikan kekuatan aqidah, kebagusan budi pekerti, akhlaq, karakter, dan dengan diiringi landasan keilmuan,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed