by

Presiden Jokowi Berharap Ini Pada Dunia Pendidikan

IMEDIACYBER | Pandemi yang kita hadapi saat ini adalah ujian bagi ketangguhan bangsa kita di segala bidang, termasuk ketangguhan dunia pendidikan. Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (27/7/2021).

Karena itulah, kata Jokowi, kepada peserta Konferensi Forum Rektor Indonesia 2021 hari ini saya menitipkan harapan agar dunia pendidikan mengembangkan inovasi-inovasi yang muncul karena pandemi ini dan melanjutkannya nanti setelah pandemi usai.

Menurut Presiden, pandemi Covid-19 merupakan rangkaian disrupsi dan menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu revolusi industri 4.0.

Jokowi menebut perdagangan telah bergeser menjadi e-commerce, dunia perbankan terdisrupsi oleh fintech dan berbagai macam e-payment, dunia kedokteran dan farmasi oleh healthtech, profesional hukum oleh recthtech, dan dunia pendidikan telah terdisrupsi besar-besaran oleh edutech.

Terkait hal ini, sambung dia, lembaga pendidikan tinggi harus memperkuat posisinya sebagai edutech institutions. Dan yang paling dasar adalah pembelajaran memanfaatkan teknologi digital.

“Di samping itu, lembaga pendidikan tinggi harus bekerja untuk kemanusiaan dan kemajuan bangsa, memecahkan masalah-masalah sosial dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan inovasi secara berkelanjutan,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed