by

Khofifah Sebut Wedang Jaguar Tingkatkan Vitalitas dan Imunitas

-Wisata-7 views

IMEDIACYBER | Selain rusa, Pulau Bawean di Gresik juga terkenal dengan gula merahnya. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (31/7/2021).

Berbeda dengan gula merah lainnya, kata Khofifah, rasa gula merah disini jauh lebih manis karena diolah dari pohon aren, bukan pohon kelapa.

Kalau berkunjung ke Bawean usai Covid-19 nanti, lanjut Khofifah, jangan lupa juga cicipi “Wedang Jaguar” yang berbahan dasar jahe dan gula merah ditambah sebatang serai segar.

Rasanya? Menurut Khofifah jangan ditanya. Sudah pasti segar menghangatkan.

‘Minuman ini juga dipercaya meningkatkan vitalitas dan imunitas. Penasaran mencoba?,” demikian tutup Kofifah.

Untuk diketahui, Wedang Jaguar menjadi minuman kesehatan yang diminati warga Gresik terutama ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Minuman asal pulau Bawean, Gresik, ini berbahan dasar jahe dan gula merah.

Sebagai informasi, Wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman hangat. Sedangkan nama Jaguar singkatan dari jahe gula merah.

Cita rasa minuman berbahan tanaman herbal ini semakin berasa ketika disajikan dengan sepotong batang serai yang digunakan sebagai pengaduk minuman. Aroma serai semakin menambah kesegaran wedang jaguar yang disajikan dengan air panas atau hangat terutama di musim hujan saat pandemi.

Gula merah yang digunakan dalam wedang jaguar bukan gula merah dari kelapa namun dari pohon aren khas Bawean.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed