by

Inilah Makna Al-Muqit Menurut Aa Gym

-Kajian-13 views

IMEDIACYBER | Allah Maha Memberi Kekuatan dan Maha Mencukupi Makanan, Al-Muqit. Hal tersebut disampaikan ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Minggu (1/8/2021).

Menurut Imam Al-Ghazali, kata Aa Gym, Al-Muqit bisa dimaknai dengan dua kemungkinan. Pertama, sebagai pencipta, pemberi, pengantar makanan menuju jasmani dan ruhani. Berbeda dengan Ar-Razzaq yang mencakup makanan, pakaian atau lainnya; Al-Muqit hanya menyangkut makanan jasmani atau ruhani saja.

Maka, ada ungkapan yang sangat bagus dari Ibnul Qayyim Al-Jauziyah mengatakan, “Hati pun bisa sakit sebagaimana sakitnya badan, kesembuhannya dengan tobat dan menjaga diri dari dosa”.

Hati bisa kotor pula sebagaimana cermin, bersihnya dengan zikir. Hati bisa telanjang sebagaimana tubuh, penutup dan perhiasannya adalah ketakwaan.

Hati bisa pula lapar dan haus sebagaimana perut, makan dan minumnya adalah mengenal Allah, mencintai-Nya, bertawakal, memasrahkan diri dan mengabdi hanya kepada-Nya.

Adapun kemungkinan kedua, lanjut Aa Gym, Al-Muqit bermakna yang menggenggam, menguasai lagi mampu. Penguasaan ini mengharuskan adanya qudrat dan ilmu.

“Saudaraku, sungguh, Allah Al-Muqît telah mengaruniakan kekuatan yang dahsyat kepada kita ini untuk menetapi amalan yang dicintai-Nya,” ujar Aa Gym.

Dengan rahmat dari-Nya, sambung Aa Gym, kita bisa terpelihara dari keputusasaan, kebosanan, dan rasa malas yang melenakan sehingga beliau (dengan izin Allah) mampu menunaikan amalan yang teramat istimewa tersebut.

“Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan untuk melakukan amalan-amalan yang dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamin ya Rabbal Alamin,” demikian tutup Aa Gym.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed