by

Ustadz Wijayanto: Mari Perluas Wawasan dan Pikiran Kita

-Kajian-4 views

IMEDIACYBER | Bukan rezeki yang kurang. Mungkin keyakinan dan ikhtiar kita yang kurang.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (3/8/2021).

“Mari perluas wawasan dan pikiran kita,” ujar Uwi.

Kemudian Uwi mengutip salah satu ayat Kitab Suci Al-Quran:
“Berapa banyak binatang yang (tidak) sanggup membawa rezekinya sendiri. Allahlah yang memberi rezekinya, juga kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS al-Ankabuut: 60).

Menurut Uwi, ada manusia yang setiap hari menumpahkan tenaga, pikiran, dan hatinya hanya untuk berikhtiar. Namun ada juga manusia yang begitu yakin dengan jaminan dari Allah.

Sementara itu, lanjut dia, yang paling beruntung adalah orang yang ikhtiar lahirnya dengan akal lalu disempurnakan dengan tawakal. “Dan inilah yang membuat dirinya menuai jaminan dunia dan akhirat dari Allah Azza wa Jalla,” jelas Uwi.

Sebenarnya, ungkap Uwi, dalam berikhtiar itu harusnya kita berbahagia. Sebab ternyata ada juga orang yang sibuk ikhtiar tapi tidak bahagia. Penyebabnya tak lebih karena orang ini bergantung hanya dengan ikhtiarnya sendiri.

Padahal, sambung dia, ikhtiar itu bukan untuk kita gantungi. Ia merupakan amal shalih kita.

Kata Uwi, kita disuruh ikhtiar justru agar mempunyai amal. Pada dasarnya seluruh makhluk sudah dijamin rezekinya oleh Allah. Yang tidak dijamin adalah ganjaran.

“Ganjaran atau pahala harus kita cari, tetapi rezeki sudah menjadi jaminan-Nya,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed