by

Uwi: Didiklah Anak Dengan Baik Supaya Kelak Dapat Mengantarkan Kita ke Surga

-Kajian-4 views

IMEDIACYBER | Banyak orang tua yang masuk surga karena memiliki anak yang sholeh dan sholehah. Di sisi lain, ada juga anak yang membuat orang tuanya celaka.

Demikian disampaikan ulama kondang Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (5/8/2021).

“Maka, didiklah anak dengan baik supaya kelak dapat mengantarkan kita ke surga. Aamiin,” ujar Uwi.

Telah kita ketahui, kata Uwi, bahwa anak yang shalih bisa mengangkat derajat orang tua di akhirat nanti, baik dengan doa maupun amal jariyah dari sang anak.

Sebagaimana hadits yang sering kita dengar, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang shalih” [HR Muslim no. 1631].

Demikian juga orang tua bisa mengangkat derajat anaknya di akhirat kelak, bahkan ini berlaku bagi cucu dan keturunannya ke bawah. Jika derajat anak-cucunya berada di bawahnya, maka bisa diangkat setara dengan derajat orang tuanya.

Dari Sa’id bin Jubair dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu’anhuma, beliau berkata,
“Allah mengangkat derajat anak cucu seorang mukmin setara dengannya, meskipun amal perbuatan anak cucunya di bawahnya, agar kedua orangtuanya tenang dan bahagia. Kemudian beliau membaca firman Allah yang artinya, “Dan orang-orang yang beriman, dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan” ( AthThuur : 21) kemudian beliau berkata: dan kami tidak mengurangi dari bapak-bapak mereka apa yang kami berikan kepada anak mereka”[As-Silsilah Ash-Shahihah no.2490 5/495, Al-Maktabah As-Syamilah].

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed