by

Ada Pohon Pelangi di Hutan Bondowoso, Khofifah: Jadwalkan Segera Usai Pandemi

-Wisata-6 views

IMEDIACYBER | Pernah lihat pohon warna-warni seperti pelangi? Kalau belum, besok usai pandemi Covid-19 coba sambangi Bondowoso, Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (7/8/2021).

Di Dusun Darungan – Sumberwringin – Bondowoso, kata Khofifah, ada kawasan hutan yang isinya adalah pohon raksasa warna-warni berjenis eucalyptus.

Menurut Khofifah, bukan karena dicat, tapi warna di pohon tersebut muncul secara alami akibat proses oksidasi. Hutan ini sudah ada sejak Zaman Belanda.

Oh ya, sambung dia, kalau ke Bondowoso jangan lupa cicipi juga berbagai olahan tape singkongnya. Tekstur dan rasa tape disini berbeda dengan tape daerah lain karena sangat legit dan manis.

“Jadwalkan segera usai pandemi,” demikian tutup Khofifah.

Indonesia patut berbangga karena memiliki salah satu pohon tercantik di dunia, yaitu pohon pelangi. Tak seperti pohon pada umumnya, pohon pelangi memiliki keunikan karena batangnya yang memiliki warna beraneka ragam bak pelangi.

Pohon pelangi atau nama latinnya Eucalyptus deglupta merupakan tanaman endemik di Papua Nugini, Papua, pulau Seram, Maluku dan Sulawesi, seperti dikutip dari situs indonesia.go.id. Karena mirip dengan seragam pasukan militer, pohon yang dikenal juga dengan sebutan rainbow eucalyptus ini juga sering dijuluki pohon kamuflase.

Jika ingin melihat keindahan pohon ini, Anda bisa datang ke Kabupaten Bondowoso. Tepatnya ke Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin. Lokasinya ada di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari. Dari pusat kota, hutan seluas 23,6 hektare ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1 jam 15 menit.

Pohon pelangi menjadi daya tarik utama di hutan Sumberwringin. Keberadaannya kerap dicari oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan gradasi warna pohon tersebut.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed