by

Aktivis Lingkungan Togu Simorangkir Diterima Jokowi di Istana

-Nasional-10 views

IMEDIACYBER | Aktivis lingkungan Togu Simorangkir berjalan kaki dari Danau Toba, Sumatra Utara ke Jakarta sebagai bentuk aksi protes soal lingkungan di daerahnya.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (6/8/2021).

“Sore tadi, saya menerimanya di istana,” ujar Jokowi.

Presiden juga sempat berbicara lewat video call dengan rekan dan keluarga Togu Simorangkir di Sumatra Utara.

“Kami sepakat bahwa kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak, demi keberlanjutan kehidupan di masa mendatang,” demikian tutup Jokowi.

Sebagai informasi, Togu Simorangkir bersama rekannya, Anita Hutagalung dan Irwandi Sirait melakukan aksi jalan kaki dari Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Soposurung, Balige, Senin (14/6/2021).

Ketiganya tiba di Jakarta setelah menempuh perjalanan selama 44 hari.

Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari (TPL) di area Danau Toba. Aksi tersebut juga merespons bentrok PT TPL dengan masyarakat adat di Natumingka, Sumatera Utara.

“Tujuan dari aksi ini sebenarnya visinya itu adalah kelestarian Danau Toba untuk kesejahteraan generasi mendatang,” ungkap Togu dikutip dari siaran pers presiden.go.id.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed