by

Arti Hijrah Menurut Ustadz Wijayanto

-Kajian-5 views

IMEDIACYBER | Hijrah secara harfiah memiliki arti ‘pindah’ atau ‘bergerak’ dari satu tempat ke tempat selainnya. Namun, ada yang membedakan hijrah dengan ‘berpindah’ secara biasa.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (12/8/2021).

Kata Uwi, hijrah memiliki sisi spiritual dalam perpindahan yang dilakukan. Sisi di mana seseorang berniat untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mengubah perilaku dan mental, dengan semangat Islam.

“Hijrah dapat mengubah seseorang yang tadinya lesu, patah hati, menjadi semangat dan lebih optimis. Menuju jalan yang lurus, jalan yang diridhoi oleh Allah SWT,” ujar Uwi.

Dalam sejarah hijrah Rasulullah ke Madinah, tutur Uwi, diceritakan betapa Umat Muslim hidup dalam keadaan sulit di Mekkah. Sebab orang-orang Quraisy selalu menganggu umat muslim, dan berusaha menghentikan syiar Nabi Muhammad.

Uwi menyebut mereka khawatir Islam semakin besar dan menggeser posisi kaum Quraisy yang berkuasa di Mekkah.

Menurut Uwi, orang-orang Islam hidup di Mekkah dalam kondisi merasa tidak aman. Diperlakukan kasar, ekonomi diboikot, tidak merasa bebas untuk memeluk agama Islam.

Oleh sebab itu, lanjut Uwi, Rasulullah mencarikan tempat untuk kaum muslimin berpindah, hijrah. Tempat di mana Islam dapat dipeluk dengan aman dan tentram. Tempat di mana Islam dapat membangun peradaban yang baik..

Kemudian Uwi mengutip terjemah salah satu firman Allah SWT: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Baqarah: 218).

“Selamat berhijrah,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed