by

Jokowi: Selamat Hari Pramuka

IMEDIACYBER | Hari Pramuka ke-60 pada tahun ini diperingati dalam sebuah upacara melalui konferensi video dengan peserta di tempat masing-masing. Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (14/8/2021).

Kata Jokowi, saya di Istana Bogor, para jajaran pengurus Kwartir Nasional di Cibubur, Jakarta Timur, undangan dan anggota Pramuka lain mengikuti upacara di berbagai daerah di tanah air.

“Ini upacara Hari Pramuka yang kedua yang diperingati secara virtual, dengan protokol kesehatan yang ketat, mengingat pandemi belum beranjak dari negeri ini,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu, tutur Jokowi, saya mengingatkan Pramuka Indonesia untuk selalu menjadi teladan dan pelopor kedisiplinan, terutama dalam menjalankan protokol kesehatan.

Menurut Jokowi, Pramuka Indonesia juga harus berada di barisan terdepan untuk melindungi diri, melindungi teman-teman, dan melindungi keluarga dari penyebaran Covid-19.

“Selamat Hari Pramuka,” demikian tutup Jokowi.

Sebagai informasi, peringatan Hari Pramuka diperingati setiap tahun di Indonesia pada tanggal 14 Agustus. Tahun ini, peringatan Hari Pramuka sekaligus menjadi momentum 60 tahun kiprah Gerakan Pramuka di Indonesia.

Pembentukan Gerakan Pramuka berlandaskan pada Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. Sementara itu, Hari Pramuka yang diperingati tiap 14 Agustus ditetapkan berdasarkan hari pelantikan Ketua Majelis Pimpinan Nasional Gerakan Pramuka pada 14 Agustus 1961.

Meski Gerakan Pramuka secara resmi baru lahir pada 1961, namun gerakan kepanduan yang menjadi cikal bakal gerakan kepramukaan telah lama hadir, bahkan sebelum kemerdekaan.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed