by

Jokowi Melepas Secara Virtual Ekspor Komoditas Pertanian

IMEDIACYBER | Pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu tahun ini telah menghantam sektor-sektor perekonomian kita. Dan kita patut bersyukur bahwa sektor pertanian mampu bertahan, bahkan nilai ekspor pertanian dua tahun terakhir meningkat.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (14/8/2021).

“Peningkatan ekspor komoditas pertanian ini akan berdampak pada kesejahteraan petani,” ujar Jokowi.

Kata Presiden, ekspor pertanian pada tahun 2020 mencapai Rp451,8 triliun, naik 15,79 persen dibandingkan tahun 2019 yang angkanya mencapai Rp390,16 triliun.

Lalu, tambah dia, pada semester pertama tahun ini (Januari-Juni 2021) ekspor mencapai Rp282,86 triliun, naik 14,05 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Hari ini, di Istana Bogor, ungkap Jokowi, saya melepas secara virtual ekspor komoditas pertanian serentak dari 17 pintu ekspor Indonesia ke 61 negara tujuan.

Menurut Jokowi, acara ini sebagai momentum penguatan ekspor komoditas pertanian Indonesia dan menandai kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Jokowi menyebut nilai total ekspor komoditas pertanian melalui bandar udara dan pelabuhan laut di berbagai daerah di Indonesia ini mencapai Rp7,29 triliun, berupa 627,4 ton komoditas perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, peternakan, dan komoditas lain.

“Tujuan pengirimannya antara lain Tiongkok, Amerika Serikat, India, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Inggris, Jerman, Rusia, Uni Emirat Arab dan Pakistan,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed