by

Gubernur Anies Kukuhkan Paskibraka Provinsi DKI Jakarta

IMEDIACYBER | Turut bangga mengukuhkan anak-anak muda terpilih sebagai Paskibraka Provinsi DKI Jakarta minggu lalu. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (16/8/2021).

Kata Anies, ketika besok Anda mengibarkan Sang Merah Putih saat Upacara Kemerdekaan, ingatlah bahwa Sang Merah Putih itu bukan hanya dikibarkan saat upacara. Sang Merah Putih dikibarkan lewat perjuangan.

“Anda secara simbolik meneruskan tongkat estafet perjuangan itu,” ujar Anies.

Anies menuturkan, tugas Anda esok adalah mengibarkan Sang Merah Putih dalam sebuah upacara. Anda mungkin cuma perlu 3-4 menit untuk menaikkan Sang Merah Putih, semenrara para perintis kemerdekaan perlu berpuluh-puluh tahun berjuang untuk menaikan Sang Merah Putih.

“Kini tugas generasi Anda adalah mengibartinggikan Sang Merah Putih sepanjang masa,” jelas Anies.

Disebutkan Anies, setiap kali upacara bendera tanggal 17 Agustus kita mengirimkan pesan simbolik bahwa perjuangan kemerdekaan adalah perjuangan yang harus terus-menerus dilakukan. Karena merdeka itu bukan sekadar menggulung kolonialisme itu adalah menggelar keadilan sosial, menggelar kesejahteraan.

“Ini harus terus-menerus dikerjakan sampai setiap warga Indonesia setiap bangsa Indonesia merasakan gelar keadilan, gelar kesejahteraan,” tegas Anies.

“Bersiaplah! Perjalanan Anda masih panjang,” lanjut Anies.

Kata Anies, jadikan tugas sebagai paskibraka ini awalan baru dalam hidup anda. Janjikan kepada diri sendiri, sambung dia, bahwa saya akan menjadi bagian yang menguatkan republik ini.

Kemudian Anies meminta pelajari sejarah, dan ingatlah kisah para perintis kemerdekaan. Pribadi-pribadi yang menghibahkan waktu, tenaga dan nyawa untuk kemerdekaan.

“Tugas anak muda tak hanya memahami sejarah tapi juga menyiapkan masa depan, buat kami bangga atas apa yang nanti Anda torehkan untuk republik ini,” ungkap Anies.

Anies pun mengucapkan selamat bertugas, selamat menjalankan amanah, jaga ini sebagai sebuah kehormatan.

“Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT meringankan Anda dalam mengemban amanat penuh sejarah ini,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed