by

Ustadz Wijayanto Bicara Soal Kematian

-Kajian-8 views

IMEDIACYBER | Allah Subhanahu Wataala berfirman dalam Al Qur’an surat Al-Jumuah atau surat ke-62 ayat 8,
Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”.

Demikian disampaikan ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (20/8/2021).

Dari ayat diatas, kata Uwi dapat disimpulkan bahwa yang namanya kematian adalah sebuah kepastian dan hal tersebut akan dialami seluruh makhluk termasuk para malaikat. Menurut Uwi pada ayat ini Allah menerangkan bahwa orang-orang Yahudi sangat takut menghadapi kematian dan berusaha menghindarinya.

Oleh karena itu, lanjut Uwi, Allah memerintahkan Rasulullah agar menyampaikan kepada mereka bahwa kematian pasti akan datang menemuinya. Kemudian mereka dikembalikan kepada Allah Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang kelihatan, baik di langit maupun di bumi.

“Allah memberitahukan kepada mereka segala apa yang telah dikerjakan, lalu dibalas sesuai dengan amal perbuatannya,” jelas Uwi.

Uwi menyebut orang yang ingkar dan jahat akan dibalas sesuai dengan keingkaran serta kejahatan yang ia sombongkan selama di dunia yaitu dimasukkan ke neraka.

Begitupun dengan orang yang taat serta baik, Uwi menerangkan, karena perjuangannya mengikuti apa yang menjadi perintah Allah dan mengikuti apa yang disampaikan kepada Rasulullah maka akan dibalas dengan ketaatan dan kebaikan yang ia tanam di dunia dan akan memanennya di akhirat, yaitu akan dimasukkan ke surga.

“Walallahu’alam,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed