by

Anies: Selamat Kepada Pemenang Anugerah MH Thamrin 2021

IMEDIACYBER | Selamat dan apresiasi kepada para pemenang Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin ke-47 Tahun 2021. Demikian disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (26/8/2021).

“Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin merupakan ajang apresiasi karya jurnalistik yang telah rutin digelar, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PWI Jaya,” jelas Anies.

Tahun ini, kata Anies, tercatat sebanyak 491 karya jurnalistik yang masuk dari tujuh kategori penilaian, yaitu: 177 karya kategori teks, 58 karya kategori foto, 95 karya kategori video TV terrestrial, 48 karya kategori video TV streaming, 12 karya kategori radio, 49 karya kategori infografis, dan 52 karya kategori tajuk rencana.

Menurut Anies, kita pernah rasakan era Orde Baru, di mana Pemerintah melalui Departemen Penerangan menyampaikan berbagai info terkait pembangunan, kita semua menengok/merujuk ke media dan media menjadi yang mengonfirmasi.

“Media menjadi referensi untuk cek kebenaran info tersebut,” ujar Anies.

Hari ini, tutur Anies, media mengalami tantangan dan bertumpuan pada banyak hal, salah satunya kecepatan. Sehingga, sambung dia, akurasi pemberitaan kadang menjadi ujian yang membuat masyarakat menjadi merujuk ke konfirmasi dari Pemerintah.

“Ini justru terbalik dan harus kita waspadai bersama,” terang Anies.

Anies juga berharap media terus menjaga objektivitas, karena media menjadi penampung dan pengganda informasi.

Anies mengatakan, dengan objektivitas media kita ingin membangun percaya diri masyarakat dan media tetap jadi rujukan. Anies berharap melalui itu semua dapat menjadi bahan yang membangun optimisme masyarakat bahwa ‘ya, kota ini punya masalah lintas waktu, tetapi setahap demi setahap kita ikhtiarkan untuk menyelesaikan masalah yang ada’.

“Sekali lagi, selamat kepada pemenang Anugerah MH Thamrin 2021,” demikian tutup Anies.

Berikut pemenang Anugerah MH Thamrin 2021:

Kategori Tajuk
Pemenang: Reza Maulana, koran.tempo.co

Kategori Teks
Pemenang: Alsadad Rudi, kompas.com

Kategori Foto
Pemenang: Faizal Fanani, Liputan6.com

Kategori Infografis
Pemenang: Budi Setyo Widodo, Media Indonesia

Kategori Video TV Terestrial
Pemenang: Fikas Tumbuan, Trans 7

Kategori Video TV Streaming
Pemenang: Sony Namura, Antara TV

Kategori Audio:
Pemenang: Danang Sundoro, RRI Pro 3.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed