by

Hal yang Membuat Terhijabnya (Sulit Dikabulkan) Doa

-Kajian-6 views

IMEDIACYBER | Ada satu jama’ah yang pernah curhat ke saya, “Ustadz, saya ini sudah rajin beribadah dan berdo’a, tapi rasanya kok do’a saya belum diijabah ya ustadz?”

Hal tersebut diceritakan ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (24/8/2021).

Saudaraku, lanjut Uwi, kita dianjurkan untuk senantiasa berdo’a karena berdo’a adalah salah satu sarana menghadap kepada Allah SWT.

Menurut Uwi, pada dasarnya semua do’a itu akan dikabulkan, tapi urusan dikabulkan atau tidaknya itu kita serahkan saja kepada Allah SWT, karena kita tidak akan pernah tahu kapan, dimana, dan bagaimana do’a itu dikabulkan.

Kalau kita merasa sudah beribadah dan berdo’a siang-malam tetapi belum dikabulkan, kata Uwi, mari kita introspeksi diri. Mungkin ada perbuatan kita yang kurang baik sehingga perbuatan yang tidak baik itu menyebabkan terhijabnya do’a kita.

Uwi menyebut barangkali kita menjadi suami atau ayah yang kurang baik. Atau menjadi istri yang tidak bisa menentramkan hati suami dan selalu menjengkelkan suami. Bahkan mungkin kita menjadi anak yang masih sering mengecewakan hati kedua orangtua.

Uwi menuturkan, hal-hal seperti itulah yang dapat membuat do’a kita terhijab. Maka, tambah dia, bertaubatlah kepada Allah SWT, taubatannasuha, yaitu taubat yang benar-benar taubat.

“Perbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah Yang Mahaagung… supaya do’a-do’a yang kita panjatkan senantiasa dikabulkan… Aamiin,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed