by

Sandiaga Kepincut Kopiah Jangang: Cocok Ga, Guys?

-Ragam-1 views

IMEDIACYBER | Saya kepincut dengan kopiah yang dipakai Pak Najib saat berkunjung ke Pertokoan CBS Martapura. Akhirnya saya membeli kopiah yang sama dengannya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Jumat (3/9/2021).

“Bagaimana, cocok ga, guys?,” ujar Sandiaga.

Kata Sandiaga, kopiah jangang berbahan rotan khas Kalimantan yang saya pakai ini dianyam oleh tangan-tangan acil yang terampil. Menurut dia, ini adalah bagian dari pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif, MEMBUKA LAPANGAN KERJA.

Sandiaga menuturkan, ini merupakan kali kedua kami berjumpa. Terakhir bertemu tahun 2018. Alhamdulillah dapat bersillaturahmi kembali, bahkan fotonya masih disimpan di dalam HP-nya.

“Yuk kita dukung UMKM milik kerabat atau tetangga, salah satu caranya adalah dengan tidak menawar. Setuju?,” demikian tutup Sandiaga.

Sebagai informasi, disebut kopiah jangang karena bahannya dari akar pohon jangang. Pohon jangang marak ditemui di hutan-hutan belantara Kalimantan.

Para perajinnya banyak ditemui di Desa Margasari, Rantau, Kabupaten Tapin. Setelah jadi, mereka menjualnya ke kota-kota lain, di antaranya ke Banjarmasin.

Kopiah ini bisa dikatakan unik dan pembuatannya masih sangat tradisional. Disebut unik karena kopiahnya berlubang-lubang. Lubangnya ada yang renggang ada juga yang rapat dan kecil-kecil.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed