by

Ridwan Kamil: Alhamdulillah Kualitas Air Sungai Citarum Sudah Membaik

IMEDIACYBER | Sungai Citarum setelah 2,5 tahun, alhamdulillah kualitas airnya sudah membaik dan menjernih. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (8/9/2021).

Emil sapaan Ridwan Kamil mengungkapkan, mayoritas kualitas air Sungai Citarum dan anak-anak sungainya masuk kategori Cemar Ringan dari sebelumnya berstatus Cemar berat dan kotor sekali.

“Status cemar ringan ini melampaui target 2021 yang seharusnya cukup Cemar Sedang, alhamdulillah,” ujar Emil.

Namun, kata Emil, sebagian anak-anak sungainya masih banyak juga yang kotor. Sehingga perlu kerjasama lebih kuat dari semua pihak.

Emil menyebut, kemarin mendampingi Menkomarves, Bapak Luhut Pandjaitan dan melaporkan progres kinerja Satgas Citarum Harum selama 2,5 tahun dari target 7 tahun.

Menurut Emil, sudah 2.700 ton sampah tidak lagi masuk langsung ke sungai karena dicegat pengolahan sampah daur ulang dan lain-lain. Sudah 36 ribu hektar lahan kritis yang bikin longsor dan sedimen sudah dihijaukan.

Emil berharap semoga 2025 Sungai Citarum yang menghidupi 18 juta manusia di 13 kota/kabupten ini kan kembali bersih paripurna, dari sebelumnya sempat dijuluki Sungai terkotor di dunia. Aamiin.

“Kita jaga alam maka alam akan jaga kita. Kita sayangi Citarum maka Citarum akan menyayangi kita,” demikian tutup Emil.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed