by

Semoga Allah Memberikan Kita Kemudahan Dalam Mendidik Anak

-Kajian-14 views

IMEDIACYBER | Pada akun media sosial Instagram pribadinya, ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) mengutip sebuah hadits, Rabu (1/9/2021).

Dari Abi Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak dilahirkan dalam kondisi fitrah kecuali orang tuanya yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi,” (HR Bukhari Muslim).

Menyertai unggahan, Uwi mengatakan mendidik anak itu merupakan proses, bukan hasil. Proses membangun akal, proses membangun jiwa, proses membangun fisik, proses membangun kepribadian, dan seterusnya.

“Sehingga hasil dari proses tersebut adalah bangunan kepribadian yang Islami yang sempurna dan menyeluruh,” ujar Uwi.

Dalam mendidik buah hati, imbuh Uwi, pastikan bahwa fitrah anak tersebut dapat menemukan lingkungan yang kondusif untuk tumbuh kembang fitrah anak tersebut. Menurut dia, lingkungan yang tidak hanya berorientasi pada capaian akal, yaitu nilai akademis yang tinggi, tetapi juga berorientasi pada capaian spiritual, yaitu nilai aqidah dan akhlak yang baik.

Uwi menyebut, lingkungan yang tidak hanya berorientasi pada capaian fisik yang sehat dan kuat, tetapi berorientasi juga pada capaian hati dan jiwa anak yang mulia.

“Semoga Allah memberikan kita kemudahan dalam mendidik anak-anak kita dan mengantarkannya menjadi anak yang Sholih dan Sholihah. Aamiin,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed