by

Industri Batere Listrik Mobil Groundbreaking di Karawang, Ridwan Kamil: Alhamdulillah

IMEDIACYBER | Alhamdulillah. Hari bersejarah. Industri batere listrik untuk mobil listrik/electric vehicle (EV) terbesar se-Asean hari ini ground breaking di Karawang Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Rabu (15/9/2021).

“Dicanangkan oleh Bpk Presiden Jokowi, investasi senilai 15 trilyun ini datang dari teknologi LG Electric dan Hyundai Motors,” ujar Emil sapaan Ridwan Kamil.

Maret 2022, kata Emil, mobil listrik pertama secara masal akan dihadirkan dari pabrik di Karawang, dan 2023 batere listrik pertama secara masal akan hadir pula dari Karawang.

“Ini menjadikan Indonesia negara terdepan dalam transformasi industri kendaraan ramah lingkungan di dunia,” jelas Emil.

Menurut Emil, Jawa Barat berkomitmen menjadi wilayah terdepan dalam energi terbarukan, dimulai tangga pertamanya dengan menghadirkan industri mobil listrik dan batere listrik berkelas dunia.

Kemudian, lanjut Emil, energi panel surya terbesar se Asean juga akan dipasang di danau-danau di Jawa Barat, kerjasama dengan Masdar dari UEA.

Emil juga menuturkan, lelang investasi pengelolaan sampah kota menjadi energi/listrik untuk aglomerasi Bandung Raya juga sedang berlangsung. Tahun depan bisa segera dibangun.

“Mari mewariskan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau, bukan mewariskan masa depan yang lebih buruk. Aamiin,” demikian tutup Emil.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed