by

Inilah Tujuh Perkataan yang Sesuai Dengan Ajaran Islam

-Kajian-12 views

IMEDIACYBER | Kalimah Tarbiyah ialah perkataan yang direstui oleh Allah SWT (QS Ibrahim : 24-25). Hal tersebut disampaikan ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Sabtu (4/9/2021).

Lebih lanjut Uwi mengatakan, kalimat tersebut punya akar kebenaran yang kuat dan menimbulkan maslahat bagi umat.

“Ia laksana pohon yang subur, rimbun, dan berbuah lebat,” ujar Uwi.

Di dalam Alquran, tutur Uwi, setidaknya disebutkan ada tujuh jenis perkataan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Pertama, ucap Uwi, qawlun ma’ruf (perkataan yang baik). Perkataan jenis ini identik dengan kesantunan dan kerendahan hati.

Kedua, sambung dia, qawlun tsabit (ucapan yang teguh). Perkataan ini punya argumentasi yang kuat serta dilandasi keimanan yang kokoh.

Ketiga, tambah Uwi, qawlun sadid (perkataan yang benar). Tiada dusta dan kebatilan dalam ucapan ini.

Keempat, kata Uwi, qawlun baliqh (ucapan yang efektif dan efisien). Ini adalah jenis ucapan yang cermat, padat berisi, mudah dipahami, dan tepat mengenai sasaran alias tidak ngelantur.

Kelima, menurut Uwi, qawlun karim (perkataan yang mulia). Ia adalah tutur kata yang bersih dari kecongkakan dan nada merendahkan atau meremehkan lawan bicara.

Keenam, imbuh Uwi, qawlun maysur (ucapan yang layak dan pantas). Maysur arti asalnya adalah yang memudahkan. Ucapan ini mengandung unsur memudahkan segala kesukaran yang menimpa orang lain, dan menghiburnya guna meringankan beban kesedihan (QS Al-Isra : 28).

Ketujuh, sebut Uwi, qawlun layyin (tutur kata yang lemah lembut). Kelembutan diharapkan dapat menundukkan kekerasan, sebagaimana air dapat memadamkan api. Inilah pesan Allah kepada Nabi Musa dan Nabi Harun ketika keduanya hendak menghadap Firaun yang lalim (QS Thaha : 44).

“Rasulullah SAW pun mengingatkan, “(Muslim terbaik) ialah yang orang-orang Muslim lainnya selamat dari (bahaya) lisan dan tangannya (perbuatannya)” (HR Bukhari dan Muslim),” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed