by

Gubernur Anies Pimpin Peringatan Peristiwa Ikada

IMEDIACYBER | Pagi hari ini kita sama-sama memperingati sebuah peristiwa yang mengukuhkan tegaknya Republik Indonesia, Rapat Raksasa IKADA.

Hal tersebut disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (20/9/2021).

Kata Anies, 76 tahun lalu, 19 September 1945, satu bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia diproklamirkan, sekitar 300 ribu orang berkumpul di Lapangan Ikada, yang kita kenal sebagai Monas sekarang.

“Ratusan ribu warga bergerak dari Jakarta dan sekitarnya memilih untuk menunjukkan sikap, bukan hanya mendukung pemimpinnya tapi menyatakan siap melawan penjajahan,” ujar Anies.

Menurut Anies, penduduk Jakarta waktu itu 623 ribu orang, yang berkumpul di lapangan Ikada sekitar 300 ribu orang.

“Bayangkan separuh kota penduduknya mengirimkan pesan: Kami menuntut kemerdekaan total dan kami siap untuk menghibahkan nyawa mempertahankan kemerdekaan yang diproklamasikan sebulan sebelumnya,” ungkap Anies.

Anies menyebut Rapat Raksasa Ikada telah mengubah pesan tentang proklamasi yang tadinya dianggap hanya ciptaan segelintir kaum intelektual di masanya. Peristiwa Ikada menjadi sebuah dorongan moral kebangkitan kekuatan rakyat yang kemudian menginspirasi kebangkitan rakyat di seluruh Indonesia.

Disebutkan Anies, perjuangan mereka 76 tahun lalu adalah untuk menggulung kolonialisme melalui kemerdekaan. Perjuangan kita hari ini adalah untuk menggelar keadilan sosial, sebuah proses yang masih terus berjalan.

Melalui kemerdekaan mereka berjanji melindungi, mencerdaskan, memajukan kesejahteraan umum dan terlibat dalam ketertiban dunia. Tujuannya akhirnya di dalam pembukaan UUD 1945; menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

“Kami yang berseragam di pemerintahan punya tanggung jawab atas nama negara, punya tugas menuntaskan janji kemerdekaan itu,” pungkas Anies.

Anies kemudian mengajak untuk sama-sama teruskan tujuan bernegara yang dicita-citakan oleh pendahulu kita pada saat mereka datang ke lapangan Ikada.

“Kita tuntaskan dengan semangat kolaborasi, dan Insya Allah mengantarkan kita pada kerja kolosal mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia,” demikian tutup Anies.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed