by

Gubernur Khofifah: Sebentar Lagi Coban Sewu Bisa Dinikmati

-Wisata-8 views

IMEDIACYBER | Ada yang kangen dengan terpaan air dari Coban Sewu atau Tumpak Sewu, Lumajang yang ditiup angin? Tirai air tembus pandang dan hijaunya hutan disekelilingnya pasti membuat siapapun takjub dan terpesona.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (21/9/2021).

InsyaAllah, kata Khofifah, sebentar lagi Niagara-nya Jawa Timur ini sudah bisa dinikmati kembali mengingat Lumajang sudah level 2 menurut asesmen level covid-19 Kemenkes tanggal 19 September 2021.

“Tapi, jangan lupa untuk selalu disiplin protokol kesehatan dan pastikan sudah mengikuti vaksinasi,” demikian tutup Khofifah.

Mengutip Wikipedia, Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed