by

Presiden Jokowi Kunker ke Cilacap dan Menanam Pohon Mangrove

IMEDIACYBER | Saya mengawali kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, hari ini dengan menanam pohon mangrove bersama masyarakat di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (23/9/2021).

Presiden menuturkan, saya juga menyaksikan melalui konferensi video kegiatan yang sama di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Papua Barat, dan Papua.

“Mengapa menanam mangrove ini penting?,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pohon-pohon mangrove ini kita harapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, juga memperbaiki habitat di daerah pantai. Dampaknya, sambung dia, pada akhirnya, juga pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya, terutama kepiting.

“Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove maupun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan target pada 34.000 hektare luasan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun ini, dan 600.000 hektare sepanjang 2021-2024,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed