by

Khofifah Perkenalkan Minuman Khas Tuban yang Banyak Khasiat Kesehatan

-Wisata-6 views

IMEDIACYBER | Cuaca panas memang paling cocok minum yang segar-segar. Daripada minuman asal luar negeri sana, mending rasakan nikmatnya minuman tradisional asal Tuban ini.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (28/9/2021).

“Namanya Legen yang berasal dari bunga pohon lontar atau siwalan,” ujar Khofifah.

Menurut Khofifah, rasanya manis, sedikit asam, dan punya banyak khasiat kesehatan. Salah satunya memperbaiki fungsi ginjal.

Kemudian Khofifah bertanya, penasaran rasanya seperti apa? Kata Khofifah, sekarang sudah ada minuman kemasan bernama “Legend Tren” yang Berstandard BPOM dan HACCP (Ekspor).

“Minuman ini asli produksi Jawa Timur. Silahkan dicoba ya,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, kata legen ini berasal dari kata landasan legi (bahasa Jawa) yang gunanya manis. Legen kebanyakan dibuat dari bunga pohon siwalan jenis perempuan yang bunganya berwujud sulur.

Sulur bunga ini dipotong sedikit demi sedikit sebagai disadap getahnya yang ditampung pada sebuah tabung yang kebanyakan terbuat dari potongan batang bambu satu ruas. Lama penyadapan ini kebanyakan semalam, pada sore hari tabung bambu ini (disebut bumbung) ditaruh sebagai penampung, maka pada pagi harinya sudah memuat penuh satu tabung.

Satu manggar bunga kebanyakan menghasilkan sekitar tiga hingga enam tabung legen. Sebagai mengurangi rasa asam, kebanyakan pada landasan bumbung ditaburi sedikit air kapur.

Air legen ini dalam bahasa Indonesia dinamakan nila. Tapi nila hadir juga yang dihasilkan dari manggar bunga kelapa atau dari manggar bunga pohon aren, tapi secara khusus legen hanya dibuat dari pohon siwalan.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed