by

Bima Arya Resmikan Joglo di Area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman

-Berita-6 views

IMEDIACYBER | Bersama Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dan jajaran Forkopimda Kota Bogor meresmikan Joglo di area Makam Raden Saleh Syarif Bustaman.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (30/9/2021).

Menurut Bima, Habib Luthfi sampaikan bahwa Raden Saleh merupakan cucu Nabi Muhammad SAW, cucu Sayyidah Fatimah, cucu Abi Bakri As Shiddiq serta cucu Sayyidina Ali.

“Sosok Raden Saleh sendiri telah memberikan warna dalam catatan sejarah Bogor,” ujar Bima.

Bima menyebut banyak yang mengira beliau hanya seorang pelukis kenamaan. Padahal, sambung dia, bukan saja sebagai seorang seniman, Raden Saleh juga merupakan sosok ilmuwan dan pejuang yang nasionalis.

“Jejak, gagasan, perjuangan Raden Saleh tak boleh dilupakan,” tegas Bima.

Bima menuturkan, ke depan bersama-sama kita perkuat komitmen untuk pemeliharaan dan pengembangannya. Selain sebagai wadah bagi seniman untuk belajar melukis, juga diharapkan bisa menjadi sarana edukasi yang inspiratif bagi para generasi muda untuk belajar tentang arti nasionalisme, kebersamaan dan kebangsaan.

Bima mengungkapkan, salah satu karya Raden Saleh yang sangat dikenal adalah lukisan berjudul Penangkapan Diponegoro. Beliau menggambarkan Diponegoro dengan raut tegas dan menahan amarah saat ditangkap oleh Belanda.

“Peristiwa ini sebagai salah satu momen sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan,” demikian tutup Bima.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed