by

Uwi: Tujuan Pernikahan adalah Melahirkan Keturunan yang Saleh

-Kajian-4 views

IMEDIACYBER | Berkeluarga tanpa berniat punya anak? Itulah satu gaya hidup yang tengah ramai diperbincangkan di tengah khalayak, khususnya di media sosial.

Hal tersebut disampaikan ulama terkenal Indonesia Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Selasa (14/9/2021).

Kata Uwi alasannya macam-macam, mulai dari masalah ekonomi, ingin fokus mengejar karier, sampai tak mau membuat dunia lebih sesak dengan anak manusia yang kian banyak. Lalu, sambung dia, bagaimana Islam memandangnya?

Menurut Uwi, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitabnya I’lâmul Muwaqqi’in menjelaskan tujuan pernikahan adalah “menjaga keberlangsungan jenis manusia, dan melahirkan keturunan yang saleh. Alasan ini secara hakikat juga menjadi alasan disyariatkannya pernikahan. Karenanya tidak mungkin terbayang adanya anak saleh tanpa pernikahan, sehingga menikah adalah sebab yang menjadi perantaranya. Anak saleh merupakan maksud syariat dan orang berakal. Jika tidak ada pernikahan, maka tidak akan ada anak saleh”.

Uwi menyebut maka berusaha untuk memiliki keturunan dengan menikah menjadi sebuah ibadah dari berbagai sisi. PERTAMA, mencari ridha Allah SWT dengan menghasilkan keturunan.

KEDUA, lanjut Uwi, mencari cinta Nabi Muhammad SAW dengan memperbanyak populasi manusia yang dibanggakan. KETIGA, berharap berkah dari do’a anak sholeh setelah dirinya meninggal. KEEMPAT, mengharap syafa’at sebab meninggalnya anak kecil yang mendahuluinya..

“Wallahu’alam,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed