by

Presiden Jokowi Ikut Menanam Benih Jagung Bersama Petani Papua

IMEDIACYBER | Saya ikut menanam benih jagung bersama para petani Papua Barat di satu lokasi di Kabupaten Sorong, pagi ini. Para petani di sini sudah memanfaatkan teknologi pertanian untuk mengolah lahan mereka.

Demikian disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Senin (4/10/2021).

“Papua Barat memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi produsen komoditas pertanian di Indonesia timur,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi, provinsi ini memiliki 11.000 hektare lahan tanaman jagung dan 7.000.000 hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura. Jokowi menyebut lahannya sangat luas, tapi pemanfaatannya baru 33 persen.

Jokowi mengungkapkan, saya sudah meminta kepada Menteri Pertanian dan Gubernur Papua Barat untuk lebih meningkatkan lagi produktivitas pertanian Kabupaten Sorong dan daerah-daerah lainnya di Papua Barat ini.

Caranya, imbuh Jokowi, dengan mengubah sistem tanam dari satu kali menjadi dua atau tiga kali tanam dalam setahun, memanfaatkan teknologi pertanian, pelatihan, membuka akses permodalan, juga adanya pengairan.

“Dengan begitu, kebutuhan pangan di Tanah Papua dapat dipenuhi dengan hasil dari Pulau Papua sendiri,” demikian tutup Jokowi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed