by

Seorang Pendengki Hidupnya Tidak Akan Mulia di Dunia

-Kajian-7 views

IMEDIACYBER | Saudaraku, Kenapa iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam as? Sebab, iblis sangat dengki terhadapnya.

Hal tersebut disampaikan ulama kondang asal Bandung, Jawa Barat, KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Minggu (26/9/2021).

Karena itu, kata Aa Gym, barang siapa di antara kita memiliki sifat dengki, maka sungguh kita telah memiliki salah satu sifat iblis.

Kemudian Aa Gym mengutip sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Melepaskan dua ekor srigala lapar di kandang kambing tidak lebih besar bahayanya di bandingkan dengan seorang muslim yang rakus terhadap harta dan dengki terhadap agama. Sesungguhnya dengki itu memakan habis kebaikan, seperti api melalap habis kayu,” (HR At-Tirmidzi).

Menurut Aa Gym, seorang pendengki hidupnya tidak akan mulia di dunia. Malaikat pun akan muak kepadanya.

Jika kelak mati, tutur Aa Gym, ia akan mendapatkan kedudukan yang teramat hina di hadapan Allah. Demikian pula di Yaumul Hisab timbangannya akan terbalik, sehingga neraka jahanam pun siap menerkamnya.

“Itulah nasib malang yang akan Allah timpakan kepada seorang pendengki,” jelas Aa Gym.

Terakhir Aa Gym mengutip sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Waspadalah kalian terhadap penyakit dengki, karena dengki itu memakan kebaikan sebagaimana api menghanguskan kayu bakar,” (HR Abu Daud).

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed