by

Satu Teladan Lebih Baik daripada Seribu Ucapan

-Kajian-7 views

IMEDIACYBER | Satu teladan lebih baik daripada seribu ucapan. Hal tersebut disampaikan ulama terkenal Indonesia, Ustadz Wijayanto (Uwi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (30/9/2021).

Kata Uwi sudah seharusnya kita sebagai orangtua untuk selalu menasihati anak, tapi tahukah fams kalau teladan itu nasihat yang paling manjur?

Anak, tutur Uwi, terutama yang masih beranjak dewasa, itu harus dipahamkan dengan tindakan yang nyata, bukan dengan penjelasan rumit kenapa ini salah, itu salah dan lain sebagainya.

“Maka didiklah anak dengan teladan dan contoh yang baik, kemudian jelaskan apa manfaatnya, dan akibat jika melanggarnya,” ujar Uwi.

Kita sering melihat, sebut Uwi, anak-anak akan memberikan respon berbeda terhadap satu peristiwa sesuai dengan contoh atau teladan yang diterimanya dalam keseharian

Misalnya, imbuh Uwi, ketika melihat seorang anak menangis akibat terjatuh. Anak yang satu akan berinisiatif membantunya dan mengusap-usap kepala anak yang terjatuh, sementara anak yang lain akan berteriak-teriak memarahi anak yang menangis tersebut.

Menurut Uwi, bisa jadi kita akan terkekeh geli melihat cara mereka bicara dan melihat mereka bersikap. Namun, ucap dia, sadarkah kita, bahwa sesungguhnya itu adalah cerminan dari apa yang telah kita lakukan?

“Like father, like son. Atau ungkapan seperti “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, begitulah kira-kira yang sering kita dengar. Maka dari itu, yuk fams didik buah hati kita dengan Teladan yang baik!,” demikian tutup Uwi.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed