by

Presiden Jokowi Sebut Jembatan Sei Alalak Dibangun dengan Teknologi Tinggi

IMEDIACYBER | Saya menjajal Jembatan Sei Alalak yang baru saya resmikan di Kota Banjarmasin siang ini dengan kendaraan taktis P6 ATAV V1 milik Paspampres.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (21/10/2021).

Menurut Presiden, jembatan yang membentang 850 meter di atas Sungai Alalak ini berada di jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah, sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar selatan rusak diterjang banjir.

Jokowi menyebut jembatan ini dibangun dengan teknologi tinggi, tahan gempa, dan diperkirakan mampu bertahan hingga 100 tahun.

“Kehadiran Jembatan Sei Alalak akan memperkuat konektivitas antarwilayah di Kalimantan Selatan, memperlancar arus transportasi antardaerah, dan mengefisienkan biaya-biaya logistik,” demikian tutup Jokowi.

Sebagai informasi, Sei Alalak memiliki kekhususan yaitu memiliki pilon jembatan tunggal dan melengkung ke arah luar.

Jembatan tersebut merupakan tipe cable stayed dengan stuktur melengkung pertama di Indonesia. Sehingga, dalam aspek konstruksi dan pemeliharaannya memiliki kompleksitas tersendiri.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed