by

Gubernur Khofifah: Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021

IMEDIACYBER | Ratusan lidi akan tercerai berai, tidak berguna, dan mudah patah jika tidak diikat. Namun, jika lidi tersebut disatukan dan diikat maka tak akan ada yang mampu mematahkannya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui akun media sosial Instagram pribadinya, Kamis (28/10/2021).

“Selamat Hari Sumpah Pemuda 2021. Selamat menjaga persatuan dan kesatuan. Bertanah Air, Berbangsa, dan Berbahasa Indonesia,” ujar Khofifah.

Untuk diketahui, Gubernur Khofifah memperingari Hari Sumpah Pemuda ke-93 di Alun-alun Kabupaten Tuban. Tempat kelahiran Sugondo Djojopuspito, pimpinan sidang Kongres Pemuda ke-II tanggal 27-28 Oktober tahun 1928.

“Ayo Pemuda Jawa Timur, Pemuda Indonesia: Bersatu, Bangkit dan Tumbuh,” demikian tutup Khofifah.

Sebagai informasi, Hari Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar tersebut merupakan hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan.

[ary]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed